Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Click to view random flickr photos tagged with my junior and nightview!  

WELCOME to Random Flickr photos tagged with my junior and nightview!
www.flickr.com

www.flickr.com

Wednesday, May 02, 2007

Tanya jawab tentang Study di IIT Roorkee

Ini, ada beberapa kiriman e-mail dari rekan-rekan di Indonesia yang berminat untuk melanjutkan study di IIT Roorkee, mudah-mudahan bermanfaat bagi temen-temen yang lain. :)


E-mail 1:

----- Original Message ----
From: budi_arliusputra Putra
To: joni_poetra@yahoo.com
Sent: Thursday, October 12, 2006 9:16:35 PM
Subject: Tolong infonya Bung..

HI bung perkenalkan Saya Budi alumni S2 Undip Semarang sekarang ada di Semarang, Begini bung saya ingin melanjutkan S3 saya di Roorkee, ada gak ya bidang studi Arsitektur dan Planning di sana?truss biayanya berapa persemesternya? prosedurenya bagaimana bung? dan bagaimana caranya saya agar bisa join ke sana? karena saya rencananya dengan biaya sendiri, tolong ya bung saya ingin masuk pada perkuliahan tahun academik 2007 ini kapan pendaftarannya dimulai dan dokumen apa2 saja yang mesti saya persiapkan,terima kasih atas info dan bantuannya maklum saya belum pernah keindia.

terima kasih banyak.
Budi Arlius Putra, MT


Jawaban dari saya:

Sorry, br dibales skrg...krn gk terbaca nyelip diantara bebrapa email (krn 3 hari gk ngecek email)... :)

Salam kenal,

1. Tanya: ada gak ya bidang studi Arsitektur dan Planning di sana?

Jawab: Ada, untuk Ph.D Arsitektur dan Planning di IIT Roorkee.

2. Tanya: truss biayanya berapa persemesternya?

Jawab: masalah biayanya untuk detail bisa ditanyakan langsung by e-mail alamatnya: adap@iitr.ernet.in krn kami disini masuk melalui ICCR untuk perkiraan semalem saya hitung dari brochure yg kami terima(untuk program S2-selama 2 tahun kalo dirupiahin sekitar Rp. 64-65 juta selama 2 tahun), brosure untuk tahun ajaran 2005-2007, include biaya hostel,buku,medical pokoknya masuk semua kecuali tiket pesawat,paspor,visa dll.(nanti saya kirim attachmentnya krn blm smpt men-scan nya.)-ini hanya untuk perbandingan saja.

3. Tanya: prosedurenya bagaimana bung dan bagaimana caranya saya agar bisa join ke sana?

Jawab: anda bisa baca di website : www.iitr.ernet.in (klik Ph.D Admission) disana informasinya lengkap (detail advertisement,poster,information brochure & formulir pendaftarannya) sampe contact personnya ada di sana. untuk Ph.D program Architecture & Planning : R. Shankar Telp. +91-1332-285214,273169.

Anda bisa langsung mendaftar online dengan mengisi formulir pendaftaran yg tersedia di website.

Thanks.


E-mail 2:

budi_arliusputra Putra wrote:

Bung joni,terus terang saya masih super bingung nih,dan kayaknya dengan anda saya bisa mengadu hehehe :) maklum orang kampung. Bung saya sekarang sedang prepare english di jakarta, mengenai ICCR saya juga bingung dimana saya mesti dapat infonya dan apa itu ICCR?, klo menurut pemikiran saya bisa gak saya langsung ke india dan mendaftar di kampus tujuan seperti dindonesia.saya sudah buka web roorkee dan web IIT Kharagfur, sama2 sip la dan saya minat join,klo kita di indo kan ada kalender atau musim pendaftaran S3, nah klo di roorkee itu bulan2 apa saja bisa kita join, paspor
saya sudah punya dan visa kayaknya saya akan buat dalam waktu dekat ini di kedubes india dirasuna said jkt?rata2 klo saya baca kita hrs punya rekening di india berarti kan kita membayar pendaftaran diindia ya bung ato gimana bung dan kira2 bisa nggak ya anda saya minta tolong seandainya saya jadi berangkat keindia untuk menemani saya mendaftar S3 tersebut,klo memang anda bisa tolong beri saya no telp yang bisa saya hubungi anda dari indonesia,jujur saja bung saya blank banget mengenai studi ini,dan kira2 saya perlu nggak membawa rekomendasi professor dari kampus saya di undip, dengar2 kita juga harus punya konek professor dikampus tujuan gimana tuh bung joni? Saya interest join di Arsitektur and Planning, jika di IIT Kharagpur saya interest join di Arsitektur and regional planning, dan saya liat kayaknya di IIT-KGP biayanya sekitar Rp. 2.000.000-an persemesternya untuk P.hD apa benar bung? bagaimana dengan di IIT roorkee tempat bung studi sekarang? ijasah asli perlu dibawa gak ya ato Copian yang dilegalisir aja,aduh kayaknya bingung sekali yah,maklum bung saya blom nih ke india,tolong saya ya bung, bagaimana dengan suasana kuliah dikampus india maklum bahasa inggris saya masih perlu disempurnakan.

Demikian bung Joni besar harapan saya kepada anda dan terima kasih sudah mau berbagi info dengan teman anda yang masih blank ini.

Salam

Your friends
Budi Arlius Putra,ST,MT



Jawaban dari saya:

Ini saya kirim attachment expenses...
ini cuma perbandingan aja (ini expenses untuk tingkat Master yang dibiayai sama ICCR).

Klik pada gambar untuk melihat attachment yang dimaksud.

Di dalam attachment tsb biaya untuk Tahun I (foreign student) = Rs. 103,270 dan Tahun ke II (foreign student) = Rs. 199,950 jadi total = Rs. 303,220 atau sama dengan lebih kurang Rp. 60.644.000,- (dengan kurs Rs. 1 = Rp. 200)

ICCR itu Indian Council for Cultural Relations sebagai sponsor (pemberi dana), anda bisa buka juga website ICCR : www.iccrindia.org/scholarships.htm disana ada berbagai macam jenis beasiswa (scheme of scholarships), kebetulan kami semua disini melalui TCS Colombo Plan yang dimana setiap tahun memberikan jatah untuk mahasiswa Indonesia sebanyak 30 kursi (30 quota). Kami semua disini yang ambil Master di Roorkee dibidang Sumber Daya Air masuk melalui TCS Colombo Plan yang bekerja sama dengan Dep. PU Indonesia.

Jadi kami semua masuk disini melalui kerjasama antara PUSBIKTEK DEP. PU dan Pemerintah India. Syarat2 yg dibutuhkan:

1. Mengisi formulir/blanko yang tersedia di TCS Colombo Plan.(ada di website)

2. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai pendidikan terakhir sebanyak 4 rangkap sudah dilegalisir dan dalam bahasa inggris.

3. Rekomendasi dari Prof. atau Rektor tempat kita kuliah (pendidikan terakhir) dalam bahasa Inggris.

4. Nilai TOEFL (kalau kami dulu Min. 500) asli.

5. Mengisi formulir/blangko medical (riwayat kesehatan) tersedia di TCS Colombo Plan, dengan ditandatangani oleh Dokter yang memeriksa kita pada waktu medical Check up. (ada di web site)

Kemudian persyaratan itu kami serahkan ke PUSBIKTEK dan PUSBIKTEK yang memproses, jadi kami tinggal terima pengumuman diterima or tidak diterima. (Semuanya yang mengurus PUSBIKTEK Dep. PU).

Jadi, kalo bung Budi mau masuk berdasarkan biaya sendiri saya kurang jelas juga prosedurnya. Menurut saya bung Budi lebih baik main/ mampir dulu ke Kedutaan India di Jakarta untuk menanyakan prosedur dan apa syarat2 yg dibutuhkan, jadi jangan main tembak langsung ke India..., dan kalo bisa cari aja sponsor or pemberi beasiswa dari pemerintah India (tanya di Kedutaan India di Jakarta)... (karena rata2 mahasiswa lokal (mahasiswa india) disini juga kuliahnya karena beasiswa) semua mahasiswa disini di asrama-kan jadi hampir tidak ada yang tinggal di luar kampus krn saya lihat biaya yang mahal itu biaya Pemondokan/Asrama (Boarding Charges dan Lodging & Electricity Charges), sedangkan biaya kuliah or Institute Fee cuma sebesar Rs. 28,270, atau +- Rp. 5.654.000,- pada Tahun I, jadi kalo 1 semester ya dibagi 2 aja kurang dari 3 juta-lah. (Bung Budi bisa baca di attachment rincian biaya).

Itu aja dulu info dari saya.

Wass.


E-mail 3:

Rahmanda Noor wrote:


Dear joni,


Gua dapet email joni dari faiz, katanya bisa minta bantuan joni. Mau tanya biaya kuliah S2 di IIT Roorkee untuk jurusan software engineering berapa yah ?? Gua rencananya mau ambil S2 tahun 2008, jadi masih nabung :). Trus ada test masuk ga jon? Apa aja yah materi testnya ?. Sebelumnya banyak2 terima kasih :).



Regards

Nanda


Jawaban dari saya:

Salam kenal nanda,

Terus terang sudah ada 3 orang yang pernah menanyakan biaya study di IIT Roorkee, 1 orang minat ke Ph.D (Arsitektur), 1 orang minat ke S2-M.Tech (Mechanical ngineering), dan nanda minat S2 (Software Engineering).

Ke-3 nya menyatakan study dengan biaya sendiri.

Untuk pengalaman study dengan biaya sendiri, kami disini kurang tahu, tapi ini aku lampirkan biaya study S2 kami yang dibiayai oleh ICCR sebagai perbandingan saja. (lihat Attachment, kurs Rs.1 = Rp.200,-)

Setahu saya, kalo untuk mahasiswa asing yang biaya sendiri, perlakuannya akan sama dengan mahasiswa lokal, yaitu harus mengikuti entrance test (GATE) dan bersaing ketat dengan mahasiswa lokal disini.

Tapi kalo melalui jalur beasiswa (ICCR-TCS Colombo Plan) mahasiswa asing dibebaskan dari entrance test, hanya mengirimkan berkas persyaratan diantaranya: (ini pengalaman kami)

1. Mengisi formulir/blanko yang tersedia di TCS Colombo Plan.(Formulir ada di Kedubes India di Jakarta)
2. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai pendidikan terakhir sebanyak 4 rangkap sudah dilegalisir dan dalam bahasa Inggris.
3. Rekomendasi dari Prof. atau Rektor tempat kita kuliah (pendidikan terakhir) dalam bahasa Inggris.
4. Nilai TOEFL (kalau kami dulu Min. 500) asli.
5. Mengisi formulir/blangko medical (riwayat kesehatan) tersedia satu paket dgn formulir blanko pendaftaran, dengan ditandatangani oleh Dokter yang memeriksa kita pada waktu medical Check Up.(Tersedia di Kedubes India, Jakarta)

Kemudian persyaratan itu kami serahkan ke PUSBIKTEK dan PUSBIKTEK yang memproses, jadi kami tinggal menunggu hasil pengumuman/diterima or tidak diterima. (Semuanya yang mengurus PUSBIKTEK Dep. PU).

Jadi, alangkah lebih baiknya untuk detail informasi study dgn biaya sendiri bisa Nanda tanyakan langsung di Kedubes India di Jakarta.

PS: rasanya untuk jurusan software enginering tidak ada, yang ada jurusan Computer Science & Engineering dan jurusan Information Technology.

bisa dicheck di website IIT Roorkee --> http://www.iitr.ernet.in

ato cek disini.

Keterangan photo: Foto bersama Batch 50 dan Batch 51 dengan bapak Dubes RI untuk India H. Donillo Anwar, S.H. dan Ibu pada perayaan hari kemerdekaan RI yang ke-61 (17 Agustus 2006).

20 comments:

kawoela alit said...

hmmm.... aku masih jauuuhhh....

NiLA Obsidian said...

waduh...nyesel....kenapa ga dr dulu2 ya...skrg udah ketuwa an...n udah berbuntut....hiks padahal pgn bgt tuh yg namanya sekolah lagi.....

om joni, buka kolom / pojok tanya jawab aja masalah beginian, pasti laku deh......

mashuri said...

Tanya mas Jhoni,

1. apa ada mahasiswa yang kuliah S2 atau S3 bidang kedokteran di sana?

2. kalo ada, siapa aza dan dimana mereka ngambil?

Thanks ya mas Jhon...

Krisna Muslim said...

Asik juga bisa konsultasi masalah lajut study di India.

Nieke,, said...

om, aku mah mau lanjutin kuliah ke mana2 slalu kepentok sama TOEFL neyh..

jgn kan mau kuliah di mana2.. mau lulus dari kampus yg skarang aja dehhh.. harus lulus TOEFL sekian dulu..

gimana neyh om biar TOEFLnya bagusss? padahal dah sering praktek ngomong.. tp pas ujian tulis.. huwahhhh.. puyeng x(

Joni Poetra said...

@kawoela alit: niatin dari sekarang mas.

@nila obsidian: hehehe.. bisa aja jeng nila.

@mashuri: gak ada fakultas kedokteran disini mas, semuanya teknik dan manajemen study. :)

@krisna muslim: :D

@nieke: kuncinya latihan terus dan dipraktekin.

mel@ said...

asik... asik... ada konsultasi gratisss niii...
sekalian aja biaya hidup n kuliah gratis bisa ga mas... hehehe...

Anonymous said...

Maap Boss..

Jadinya kebanjiran email pertanyaan, soalnya pada nanyain soal IT. Pengetahuan saya terbatas untuk info kuliah IT.. :)

Regards,
Faiz

pyuriko said...

Waaahh, bisa jadi konsultan utk pendidikan nih... :D

Btw, linknya ganti yaaa?
Jadi http://jonipoetra.info ????

sinceyen said...

Tadinya sempet kira salah masuk ke rubrik tanya-jawab (konsultasi) gitu.. eh syukurlah masih di tempatnya Joni :p
Apakabar?

ammu said...

http://www.designhelp4you.blogspot.com/

http://www.softwarecomplex.blogspot.com/

http://ebookhelper.blogspot.com/

Anonymous said...

urls generational reddy secretarial incremental nicosia summing invites energy possible presenting
lolikneri havaqatsu

Anonymous said...

Great resource! Thank you for sharing

J. Drago
I think you should check out Business Card Maker Online. Visit the site of Online Business Card Maker for more info.

Cara Alami Mengobati Asam Lambung said...

makasih infonya

Cara Alami Mengobati Psoriasis said...

semoga sukses selalu

Cara Alami Mengobati Darah Tinggi said...

Salam kenal dan sukses selalu

Obat Tradisional Penyakit Kanker Serviks said...

thank's infonya

Obat Tradisional Penyakit Nyeri Sendi said...

Ikut gabung sisni ea

Obat Tradisional Penyakit Tipes said...

sukses terus ea

Obat Tradisional Penyakit Gagal Ginjal said...

jangan lupa mampir balik ya gan