Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Click to view random flickr photos tagged with my junior and nightview!  

WELCOME to Random Flickr photos tagged with my junior and nightview!
www.flickr.com

www.flickr.com

Monday, March 05, 2007

Holi - Festival of Colors

Holi adalah salah satu hari raya umat Hindu di India selain Diwali, Hari raya Holi ini diperingati pada musim semi (antara bulan Februari dan Maret), untuk menandakan pergantian musim, dari musim dingin menuju ke musim panas, dan biasanya diadakan setelah bulan purnama penuh. :)

Hari raya Holi ini juga terkenal dengan sebutan Festival of Colors, karena pada hari itu dirayakan dengan cara saling memberi warna pada seluruh badan dan muka dengan bubuk pewarna yang terbuat dari serbuk bunga.


Jadi, cara merayakannya adalah dengan saling memberi warna pada muka dan seluruh tubuh, baik itu dengan cara seperti membedaki, melempar ataupun dicampur dengan air dengan cara disemprot, peralatannya pun dijual dengan beraneka bentuk ada yang seperti pistol mainan anak-anak, pompa, maupun seperti suntikan besar dengan warna-warna yang meriah.



Perayaan Holi ini tidak hanya dilaksanakan oleh anak-anak dan kaum muda, tapi seluruh lapisan masyarakat, tua-muda, besar-kecil, pejabat-artis-maupun rakyat biasa, semuanya turut merayakannya.

Seorang kepala kepolisian di India, saling memberi warna dengan stafnya

Pemimpin partai oposisi di India (L.K. Advani, left) dan Perdana Menteri Negara Bagian Uttarakhand *setingkat Gubernur Provinsi di Indonesia* (B.C. Khanduri, right) turut memeriahkan acara Holi di New Delhi, 4 Maret 2007

Bollywood actress Neha Dupia celebrate the Holi festival in Mumbai March 3, 2007.

Source photos from here

Hari raya Holi pada tahun ini diperingati pada tanggal 3 Maret, adapun untuk perayaannya khusus di Khosla Bhawan, Hostel tempat kami tinggal dilaksanakan pada tanggal 4 Maret bertepatan dengan hari minggu. Kamipun mahasiswa indonesia disini tidak ketinggalan ikut merayakannya.

Bangun pagi-pagi agar bisa ikut merayakan holi *walau belum mandi*

Bersama teman dari Srilanka yg datang berkunjung

Mr. Hery Martono dengan pisangnya


Wajah-wajah jauh dari istri, kecuali Mr. Hasbi yang menggendong anaknya (aisyah)

Bersama teman dari India yg datang berkunjung

Seluruh foreigner berfoto bersama di taman depan Hostel

Mr. Anton (Batch 49) pose bersama Candy (French), Oma+Omi (Kazakhstan) dan Jamsid Tursunov (Uzbekistan)

Temen-temen dari Nepal, Ghana dan Vietnam (Batch 49&50)

Mr. Omar Aidil Zainal from Iraq (Batch 49) with his wife n daughter

Temen-temen dari Africa (Ghana+Ethiophia), Batch 49&50

Miss. Candy from French dgn pose close-up nya

Adapun makna dari Hari raya Holi ini, mungkin bisa diterjemahkan dari poem singkat dibawah ini,

Holi Hai!

Colour me now, before you leave me.
Colour me with your song.
Colour me in your secret melody.
Colour me in the light of your laughter.
Colour me with the kindness of your tears.
May your colours, colour my very soul.

-- Rabindranath Tagore
(Asia's first Nobel laureate when he won the 1913 Nobel Prize in Literature from Kolkata, India)

P.S: Cerita yang sama tentang Holi juga dapat anda baca di sini.
Sebagian photo ada yang diambil dari perayaan holi tahun 2006 kemarin.

19 comments:

Mashuri said...

Holi Penuh Warna.....India jago bikin pewarna. Tinta diimport dari India untuk Pemilu di Indonesia. Mungkinkah Holi-holi juga akan diimport?

maya said...

aku pernah liat perayaan holi pas lagi nonton film indihe..kalo gag salah yang maen si shahrukh khan. foto perayaan holi-nya seru banget ya mas, jadi pengen tuh ikutan dibedakin pake warna warna gitu :D

mei said...

seruuuuuuuuuuuuuu!!!!

mungkin itu rasanya seperti main siram2an air ya mas...hihi!!!

linae said...

waduh...kalo aku disono ditaburin serbuk bunga gitu bisa bersin² terus...hahaha... kalo diwarnai mau deh :P
rame dan seru banget ya perayaan Holi itu, aku cuma bisa nonton di film² india doang..hehehe... Happy Holi day :P

kenny said...

iya bener klo aku disana mesti pake masker hidung....bisa bersin terus oiiii

Iko said...

Serruuuu na,... rameeee.....

Orangnya jg lucu2, penuh dengan warna-warni.... meeerriiiaaahh eeeuuyyy

sinceyen said...

Cuman satu kata: SERUUUU!!!!!

endangwithnadina said...

kok mas joninya kurang berwarna? heeheheh...menghindar ya?

indri said...

SERU...SERUUU!!!!
Huehehee.....

NiLA Obsidian said...

hahaha...heboh gitu....tapi yg paling bikin ngakak...yg bagian foto org2 indo yg ikut2an ngerayain holi....hahahaha....
ga nahaaaannnnn emang diterusin wajib makan pisang ya?
hahaha

lita uditomo said...

waaaah....seruuuu banget, mas...!!

jadi inget jadul waktu lulus SMA ya...haha...

apalagi liat Mr. Hery dan pisangnya...wakakaka...ga nahan..

joni said...

@mashuri: mudah2an gak, kita hanya ikut bersenang2 biar ada pengalamannya.
@endangwithnadina: hehe.. itu aja diuber2 sama temen, yang gak mau, harus mau, kalo gak diuber sampe dapet, pokoknya semua harus kena warna.
@nila obsidian: btul, pisang itu makanan wajib hery, wakakak..

kawoela alit said...

mahatma gandhi dulu gitu juga ya..? coret coretan dengan petinggi kolonial enggres..?

joni said...

@kawoela alit: hahaha.. kurang tahu kalo itu mas. ;)

Nieke,, said...

huwaaaahhh.. seru.. seru..!!! slama ini aku cuma tau holi dari pelem2nya India aja.. hihiii.. pasti lucu ya mas sampe warna warni gitu.. hihii... eh, habis holi2an itu jgn sampe lupa mandi lho om.. hihiii..

- Nilla - said...

Hohohoho... ga kebayang kalo bubuk2 warna-warni itu masuk ke mata. Uhmmm... warna mata bakal ikutan jd berubah ga, ya? Hihihihi... *ngarep!* ;P Sepertinya mandi harus dgn sabun cuci, tuh! Oooppss... :| :D

joni said...

@nieke: ya pasti mandi dong. :p

@nilla: ada temen yang bubuk pewarnanya gak sengaja masuk mulut, jadi giginya pada merah semua.. hahaha..
tapi gampang hilangnya kok, pake sabun mandi aja hilang, gak usah pake deterjen. :p

mpokb said...

oh, jadi itu buat merayakan musim semi to.. unik dan asik juga yak. btw, di india makan kari terus dong.. :D

aishwarya rey said...

Hhh... coba disini jg ada kyk begituan ya, kan gue bs lempar2an ama bos gue (baca: dengan penuh dendam maksudnya) hehehehe.

btw pak hery tampak ganteng sekali ya setelah diwarnain, coba diwarnain aja tiap hari, wakakakakakk