Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Click to view random flickr photos tagged with my junior and nightview!  

WELCOME to Random Flickr photos tagged with my junior and nightview!
www.flickr.com

www.flickr.com

Saturday, March 17, 2007

Bukit Jempol

Bukit Jempol ini terletak di Kabupaten Lahat, Propinsi Sumatera Selatan, yang berjarak lebih kurang 276 km dari Ibu Kota Sumatera Selatan, Palembang. Sebelum memasuki Kota Lahat anda akan disambut terlebih dahulu dengan Bukit Jempol. :)

Kenapa disebut dengan bukit jempol? :-/


Disebut dengan Bukit Jempol karena bukit tersebut terlihat unik yaitu seperti ibu jari jempol :-O, dimana pada bagian jempolnya tersebut terdiri dari batu cadas dan karang. Kalau anda mau mendaki bukit tersebut untuk bagian jempolnya menurut informasi yang pernah didapat (dari sepupu yang sudah pernah mendaki) harus menggunakan tali temali karena derajat kemiringan tebing tersebut hampir mendekati 90 derajat. Jadi mereka pada saat mendaki hanya sampai sebelum jempolnya, dan juga menurut informasinya pada bagian puncak jempol tersebut ada sebuah kursi yang terbuat dari batu cadas. :-?

Sebagian masyarakat ada juga yang menyebutnya dengan Bukit Tunjuk atau Bukit Serelo, Dikarenakan ujung bukitnya seperti menunjuk ke langit :D dan Serelo merupakan nama tempat bukit tersebut berada. ;))

Di Bukit Jempol ini juga terdapat pusat pelatihan Gajah, dimana terdapat lebih kurang 40 gajah yang sudah dijinakkan dan sangat terlatih dan bisa diajak pose bersama dengan pengunjung. B-)

Bagi yang berminat melihat atau mengunjungi Bukit Jempol tersebut, dapat ditempuh dari Palembang menuju Kabupaten Lahat dengan perjalanan darat lebih kurang 4-5 jam, persis sebelum memasuki Kota Lahat (kurang lebih 11 km sebelum Kota Lahat) di sebelah kiri jalan akan terlihat Bukit Jempol tersebut. ;)

Kalau anda yang dari Jakarta dapat ditempuh dengan Bus Sinar Dempo dan Garuda Dempo jurusan Jakarta-Lahat/Pagar Alam, turun di Kabupaten Lahat. Lalu dilanjutkan dengan kendaraan kecil atau taksi carteran menuju ke desa yang terdekat dengan Bukit Jempol tersebut.

Untuk menuju Bukit Jempol tersebut dari desa terdekat dapat dilalui dengan kendaran bermotor roda dua sampai kaki bukit dan dilanjutkan dengan berjalan kaki mendaki bukit tersebut dengan lamanya pendakian lebih kurang 3-6 jam.

PS: Sumber informasi tahun 1997 dari sepupu yang pernah mendaki, mungkin lamanya pendakian sangat relatif ada yang bisa menempuhnya dengan 3 jam ada juga yang sampe 6 jam. :-?

23 comments:

endangwithnadina said...

unik banget emang bentuknya...lucu...Indonesia memang indah dan kaya ya om..

venus said...

kikikik...jadi inget 'jempol'...:D

pyuriko said...

Bener, mirip banget jempol...

Lumayan jg yaaa daki bukit itu,.. :D

Have a nice long weekend...

linae said...

ih...beneran kek jempol gitu! cap jempol..hehehe...keren ya :)
pamit dulu ya mas.. cuti :P
take care...

triadi said...

eh emang mas joni dari lahat?

DenaDena said...

Tapi bagusan jempolku kayaknya he..he..

joni said...

@endangwithnadina: ya jeng, indonesia raya emang sangat kaya akan sumber daya alamnya. :)
@venus: wah simbok mikirnya jempol yang lain. :D
@pyuriko: thanks iko, sama2 met wiken ya. ;)
@linae: waduh kehilangan temen chatting nih :( .. yup moga terobati kangennya bertemu keluarga besar di indonesia. :) Jangan lupa oleh2nya ya. ;)
@triadi: aku dari sumsel mas. ;)
@denadena: sama dengan simbok ini pikirannya. :D

- Nilla - said...

Uhmmm... Aku pernah sih ke Palembang. Tp cuma sekedar numpang lewat! Hehehe... Tp aku bener2 ga nyadar loh kalo di sana ada yg namanya Bukit Jempol! *Ck ck ck... Kupernya aku! ;P*

donnie said...

kalo jempolnya aja segede itu, gimana orangnya ya?

jeng kenny said...

kog jempolnya bujel getuuu :D
itu klo udah mendaki trus bisa pegang jempolnya dpt apa??

mr.cappuccino said...

emang mirip bgt dgn jempol. jangan2 ada lg yg namanya bukit kelingking, bukit telunjuk, atau bukit jarimanis. huehehe

NiLA Obsidian said...

lucu juga kalo jempol segede itu dipake ngupil.....kikikiki
*whacks...????*

Anang said...

Di Trenggalek juga ada GUNUNG PENTIL... karena bentuknya itu mirip (maaf) Payudara... Lain kali kalo saya pulang kampung tak sempatkan foto-foto itu gunung....

Dan tak cukup itu saja... Ada Gunung Lingga yang bentuknya tegak menjulang seperti (maaf) Penis lelaki...

Anisa said...

walah2 kok ya aneh2 ya kasih nama gunung..jangan2 entar ada juga gunung udel (pusar)..ada2 saja.
Btw Indonesia memang kaya dengan kekayaan alamnya, namun sayang sumber daya manusianya gak maksimal dimanfaatkan.

Joni Poetra said...

@nilla: kalo mudik ke pekan baru lewat lahat kan?
@donnie: waks.. :D
@jeng kenny: dapet pengalaman. ;)
@jeng nila: lubang hidungnya juga gede kalo ngupil pake jempol tsb.. :D
@mr. cappucino: hehehe.. mungkin ada didaerah lain. :D
@anang: nah benerkan mr. cappucino, ada di daerah lain dengan nama2 yg aneh&unik.. mas anang kapan2 diposting dan difoto gunung2 yg dimaksud ya. :D
@anisa: hehe.. blom tahu, mungkin ada gunung udel didaerah lain. ;)
betul mbak kita kaya SDA tapi SDM nya masih kurang bersaing. :(

sinceyen said...

Emang keliatan jempolnya, seolah-olah "Tooooooppp" :)

Innuendo said...

menurut aku, sih seperti cula...

artja said...

wah, dinding verticalnya bisa dipanjat? kapan-kapan bisa climbing di sana neh. thank's, postingnya emang jempol mas.

Mashuri said...

Gunung jempol....

Kayaknya perjalanan ke sana lebih mengasyikkan dari gunungnya sendiri..he..he..

Mama Rafi said...

loh org sumsel ya?
aku aja yg org Palembang yg deket blm pernah mas ke Lahat :D malah skrg dah jauh terdampar di Borneo.

kawoela alit said...

kalo di Jawa Tengah dan Jogja kecenderungan bukit ato gunung tersebut berfungsi sebagai cungkup, (mungkin di Sumsel juga ya) yang difungsikan sebagai tempat nyepi dan beribadah kepada Sang Hyang Widhi... terkadang malah ada makam yang secara logika susah di nalar kenapa harus dimakamkan di lokasi itu dengan medan yang sedemikian rupa.. tapi memang itulah negeri kita om... kaya akan keindahan alam dan budaya.

Kristin said...

kek jempol raksasa deh :D

maya said...

itu jempol kaki apa jempol tangan tuh :D

two thumbs up buat mas joni yang udah share info jempol-nya