Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Click to view random flickr photos tagged with my junior and nightview!  

WELCOME to Random Flickr photos tagged with my junior and nightview!
www.flickr.com

www.flickr.com

Thursday, February 01, 2007

Negotiation?

Foto diambil dari sini

Selama kita hidup di muka bumi ini tidak bisa lepas dari yang namanya 'negosiasi'.

"Negotiation is an ongoing dance. The dance floor is life itself"...

Negosiasi itu bagaikan sebuah tarian yang tiada henti dan lantai dansanya adalah kehidupan itu sendiri...

seorang bayi bernegosiasi susu ibunya,
anak-anak bernegosiasi mainan terbaiknya,
remaja bernegosiasi uang jajan yang lebih besar,
muda-mudi bernegosiasi untuk kawin dan,
orang lansia bernegosiasi untuk seperti anak2 lagi.

Didalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari negosiasi,
bahkan sering tanpa disadari???

ketika membeli sesuatu, kita bernegosiasi untuk harga yang pantas,
ketika melamar pekerjaan, kita bernegosiasi masalah gaji,
ketika melamar seorang gadis, kita bernegosiasi mahar/mas kawin/serah2an,
ketika sedang mengajukan proposal untuk suatu proyek, bernegosiasi masalah persentase keuntungan,

ketika kita menginginkan sesuatu,
kita bernegosiasi dengan berusaha memberikan timbal balik yang sesuai,

tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak melakukan negosiasi!!!

Maria Eva pun pasti bernegosiasi dengan Yahya Zaini,
Aa' Gym juga bernegosiasi dengan Teh Ninih,

Mahasiswa bernegosiasi dengan dosennya,
Pembantu bernegosiasi dengan majikannya,

Akupun bernegosiasi dengan istriku,

Dan sering aku perhatikan, orang-orang yang dengan kemampuan 'negosiasi' yang tinggi dapat dengan mudah mencapai apa yang diinginkannya???

tapi, sekali prinsip negosiasi itu tidak dipenuhi maka bahaya mengancam???
Prinsip negosiasi adalah prinsip menang-menang... *win-win negotiation*

Sekali ada pihak yang merasa dikalahkan maka dia akan mengkhianati 'negosiasi' yang telah dibuat dan ini berlaku umum!!!

Dimanapun di dunia ini tak ada orang yang mau kalah, tak ada orang yang suka dirugikan, semua orang ingin menang, semua ingin untung. Bahkan ini sudah menjadi naluri manusia.

Benar, ada orang yang mau mengalah, tetapi tujuannya adalah untuk menang.

Benar, ada banyak orang yang terpaksa kalah, tetapi sebenarnya mereka tidak rela kalah, dan jika ada kesempatan mereka akan berontak...

seperti negosiasi antara Maria Eva dengan Yahya Zaini kah???


P.S:
jadi berhati-hatilah dengan negosiasi Anda??? :p

31 comments:

donnie said...

betul...bahkan suami istri dlm kehidupan sehari2 pun masih sering negosiasi

dian mercury said...

tamara-rafly juga...tamara dapat janda, rafly dapat anak

endangwithnadina said...

Mmmm...mengalah untuk menang itu teknik negosiasi juga ya....cuma suka gak sabar aja buat ngalah,akhirnya maksa dong...heheheh

ifoeng said...

Kalo pemerintah bernegosiasi dengan rakyatnya kala netapin peraturan. Mungkin nggak akan ada aturan yang bikin rakyat sengsara kali yaa...

triadi said...

pengusaha kelas dunia yang diakui jago bernegosiasi ya si onassis,dalam banyak hal aspek bisnis dia "berhasil", tapi kayanya dia ga berhasil dalam bernegosiasi dengan etika, dia gagal memperlakukan wanita dengan baik. Banyak wanita selingkuhan disepanjang hidupnya yang kesemuanya dimaksudkan buat kesuksesan bernegosiasi dengan duit...

venus said...

negosiasi? hhmmmm...kok aku bingung mau komen ya? apa karena belom sarapan?

aku pulang dulu deh, jon. ntar balik lagi kalo udh siap negoisasi eh siap komen, wakakaka...

mel@ said...

kemarin aku negosiasi sama tukang buah... lumayan dapet duku 7rebu sekili... eh itu tawar menawar ya... hehehe... :P

sesy said...

negosiasi dan toleransi adaah dua hal yang akan selalu ada dan sepertinya memang harus ada. like a dance and a music on the floor of live.

muthe said...

setuju. Dalam setiap hal di kehidupan kita, kita harus bernegosiasi. Mmm..tapi kok saya lebih cenderung menggunakan kata 'kompromi' ya?! Beda nggak sih?? Soalnya menurut saya, hidup yang sedang saya jalani ini penuh dengan komprominya. Berkompromi dengan banyak hal...

pyuriko said...

Hmmm,... harus pintar2 donk bernegosiasi,...

Mungkin bisa dipraktekkan utk kenaikan gaji, hehehehe...

kenny said...

iyah beda gak sih nego ama kompromi?, klo nego kog kesannya mau gak mau ...jadi ada kesan salah satu pihak terpaksa. klo kompromi, sebaliknya tanpa ada paksaan jadi.....ih...tauk ah :P

Tapi setuju banget, kita sebagai manusia yg bersosialisasi mesti bisa berkompromi baek ama lingkungan,kluarga, bahkan diri sendiri.

za said...

kmaren aku juga negosiasi ma mas ku....:D

linae said...

abis ganti theme lupa ga aktiv'in keycode nya, keburu diboyong comp nya :P
kalo soal negosiasi mah ane tiap hari ama adam...ribut muluw, sama² keras kepala, hahaha...

susie said...

Lagi negoisasi nggak ya ini ??? ngasih comment di sini dan berharap ganti di kunjungi ??? hehehhehe

mpokb said...

win-win solution.. hm, susah tuh praktiknya. tapi negosiasi itu perlu, setidaknya memberi pekerjaan buat para makelar.. eh, ini ngomongin apa sih yak? :D

joni said...

@donnie: yup

@dian mercury: siapa yang kalah??

@endangwithnadina: macem2kan tekniknya??

@ifoeng: kan sudah ada wakilnya??

@triadi: negosiasi gak jauh dari harta, tahta n wanita katanya??

@venus: itu nego juga kan?? wakakak..

@mela: sama aja dink!!

@sesy: yup

@muthe: kakak beradik itu :p

@pyuriko: yup

@kenny: adik-kakak itu, sama maksudnya! :)

@za: hehehe

@linae: itu juga salah satu teknik nego kan?? bertengkar dulu...

@susie: maybe?

@mpokb: heheh.. ya ngomongin itu..

Kristin said...

negoisasi mang perlu dlm idup sehari² pa lagi Ibu² Rt kl ke pasar ga pakek negoisasi bisa cepet tipis uang blanja bulanan :D (????)

sorry pakek account laen abisnya blogger susah masuknya Jon

kw said...

wah mas, apakah saya di planet ini adalah hasil dari suatu bentuk negosiasi? kok aku tak pernah ingat ya? :)

Ifoeng Ranawiria said...

nego sama wakilnya tapi yg di-nego-kan nggak sesuai dengan kehendak yg mewakilkan. Sang wakil punya hidden agenda. Akhirnya hasil per-nego-annyya cuma nguntungin buat wakilnya doang. Entah ada yg salah dgn nego-nya?. Ato' salah milih wakilnya nih...:)

Syah said...

kalau saya tukeran link dengan anda, termasuk negosiasi bukan?

pyuriko said...

Hmmm,... perlu bernegosiasi. antara kerja atau studi... (saran yg diberikan Pak Hery kemarin)

Paman Tyo said...

Betul, hidup adalah tawar-menawar, termasuk berembuk dengan otak dan hati :)

de said...

sekarang sdh bkn jamannya win-win solution. Kalo bisa win-lose, tapi yg lose ngga merasa kalah he..he.. licik ya? Ah ngga kok he..he.. Saya jg mau mau negosiasi sama Mas Joni. YM e opo mas?

Ida Syafyan said...

Tapi paling susah nego sama hati sendiri... mo bilang iya tapi nggak hehehe

Iman Brotoseno said...

nego is my middle name...selalu nego dengan producer mengenai budgeting he he

Devi said...

hm kok jadi kyk sastra ya? hehe..

Septian said...

haloo,
makanya singapura ga mau ikut perjanjian ekstradisi ama Indonesia supaya Indonesia susah kalo mau negosiasi2an ama Indonesia.

NiLA Obsidian said...

aku masih pegang ini om joni.....

"kalo kamu tidak dapat berkompromi dengan orang lain, maka....kamu harus berkompromi dengan diri mu sendiri....."

thamrin said...

Negosiasi dapat berjalan baik dan menghasilkan win-win solution kalau kedua pihak yang melakukan negosiasi berada pada posisi seimbang atau paling tidak memperlakukan pihak yang lain secara seimbang/sejajar. Kalau tidak bisa dominasi yang muncul.

aishwarya rey kebanjiran said...

Kayaknya 1 yg gak bisa di-nego-in : kapan banjir ini akan berakhir, iya gak? I miss my home already... hiks... :)

Luigi said...

negotiation is constantly processed and interacted within our life. We even negotiate within our minds every time a decision is taken..

be a better negotiator that knows what's best for you, other people, ourselves.. then it truly reflects a sound quality of a leader.
----------
Seneng bgt udha bisa mampir kesini, Monrovia kering berdebu - panas menyengat sementara di kampung masih banjir...

Kumaha pasukan baik2 aja?