Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Click to view random flickr photos tagged with my junior and nightview!  

WELCOME to Random Flickr photos tagged with my junior and nightview!
www.flickr.com

www.flickr.com

Sunday, February 04, 2007

Artikel Cak Nun: Gusti Allah tidak "ndeso"

Foto diambil dari sini

Ada artikel menarik dari Emha Ainun Nadjib : Gusti Allah tidak "ndeso"

Didalam artikel tersebut Cak Nun ditodong pertanyaan beruntun?

"Cak Nun", kata sang penanya, "misalnya pada waktu bersamaan tiba-tiba sampeyan menghadapi tiga pilihan, yang harus dipilih salah satu: pergi ke masjid untuk shalat Jumat, mengantar pacar berenang, atau mengantar tukang becak miskin ke rumah sakit akibat tabrak lari, mana yang sampeyan pilih?".

Cak Nun menjawab lantang, "Ya nolong orang kecelakaan". "Tapi sampeyan kan dosa karena tidak sembahyang?", kejar si penanya. "Ah, mosok Gusti Allah ndeso gitu", jawab Cak Nun. "Kalau saya memilih shalat Jumat, itu namanya mau masuk surga tidak ngajak-ngajak" , katanya lagi. "Dan lagi belum tentu Tuhan memasukkan ke surga orang yang memperlakukan sembahyang sebagai credit point pribadi". Bagi kita yang menjumpai orang yang saat itu juga harus ditolong, Tuhan tidak berada di masjid, melainkan pada diri orang yang kecelakaan itu. Tuhan mengidentifikasikan dirinya pada sejumlah orang.

Kata Tuhan: kalau engkau menolong orang sakit, Akulah yang sakit itu. Kalau engkau menegur orang yang kesepian, Akulah yang kesepian itu. Kalau engkau memberi makan orang kelaparan, Akulah yang kelaparan itu.

Seraya balik bertanya, Emha berujar, "Kira-kira Tuhan suka yang mana dari tiga orang ini. Pertama, orang yang shalat lima waktu, membaca al-quran, membangun masjid, tapi korupsi uang negara. Kedua, orang yang tiap hari berdakwah, shalat, hapal al-quran, menganjurkan hidup sederhana, tapi dia sendiri kaya-raya, pelit, dan mengobarkan semangat permusuhan. Ketiga, orang yang tidak shalat, tidak membaca al-quran, tapi suka beramal, tidak korupsi, dan penuh kasih sayang?"

Kalau saya, ucap Cak Nun, memilih orang yang ketiga.

Kalau korupsi uang negara, itu namanya membangun neraka, bukan membangun masjid. Kalau korupsi uang rakyat, itu namanya bukan membaca al-quran, tapi menginjak-injaknya. Kalau korupsi uang rakyat, itu namanya tidak sembahyang, tapi menginjak Tuhan. Sedang orang yang suka beramal, tidak korupsi, dan penuh kasih sayang, itulah orang yang sesungguhnya sembahyang dan membaca al-quran.

Kriteria kesalehan seseorang tidak hanya diukur lewat shalatnya. Standar kesalehan seseorang tidak melulu dilihat dari banyaknya dia hadir di kebaktian atau misa. Tolok ukur kesalehan hakikatnya adalah output sosialnya: kasih sayang sosial, sikap demokratis, cinta kasih, kemesraan dengan orang lain, memberi, membantu sesama.

Idealnya memang, orang beragama itu mesti shalat, misa, atau ikut kebaktian, tetapi juga tidak korupsi dan memiliki perilaku yang santun dan berkasih sayang.

Agama adalah akhlak. Agama adalah perilaku. Agama adalah sikap. Semua agama tentu mengajarkan kesantunan, belas kasih, dan cinta kasih sesama. Bila kita cuma puasa, shalat, baca al-quran, pergi kebaktian, misa, datang ke pura, menurut saya, kita belum layak disebut orang yang beragama. Tetapi, bila saat bersamaan kita tidak mencuri uang negara, meyantuni fakir miskin, memberi makan anak-anak terlantar, hidup bersih, maka itulah orang beragama.

Ukuran keberagamaan seseorang sesungguhnya bukan dari kesalehan personalnya, melainkan diukur dari kesalehan sosialnya. Bukan kesalehan pribadi, tapi kesalehan sosial. Orang beragama adalah orang yang bisa menggembirakan tetangganya. Orang beragama ialah orang yang menghormati orang lain, meski beda agama. Orang yang punya solidaritas dan keprihatinan sosial pada kaum mustadh'afin (kaum tertindas). Juga tidak korupsi dan tidak mengambil yang bukan haknya. Karena itu, orang beragama mestinya memunculkan sikap dan jiwa sosial tinggi.

Bukan orang-orang yang meratakan dahinya ke lantai masjid, sementara beberapa meter darinya, orang-orang miskin meronta kelaparan.

Sedikit mengomentari dari artikel Cak Nun diatas, ini sering terjadi didalam masyarakat kita. Yang sering sangat menjunjung tinggi nilai keagamaan tapi untuk nilai kemanusiaan sering diabaikan dan menutup mata.

Kita sering egois dalam beragama dan sangat menjunjung tinggi hubungan secara vertikal tetapi terkadang kita lupa hubungan secara horizontal, dan juga terlalu fanatik yang berlebih-lebihan sehingga sering menyimpulkan sepihak bahwa agama kita adalah agama yang paling benar dan menyerang membabi buta agama lain dengan tindakan yang brutal dan biadab.

Padahal aku sangat percaya bahwa Tuhan itu MAHA ESA, SATU, TUNGGAL.
Gak ada perbedaan antara Tuhannya umat Islam dengan Tuhannya umat Kristiani, Hindu, Budha, Sikh, dan agama2 lainnya, cuma caranya saja yang berbeda-beda.

Temen kuliahku dulu juga pernah bertanya? kebetulan dia beragama Kristen Protestan dan dia mendengar didalam ajaran agama Islam, selain Islam semuanya akan masuk neraka.
Berapa persen penduduk muslim di dunia ini dan berapa persen juga jumlah penduduk non muslim di dunia ini tanya dia? Diapun berargumen seandainya kamu lahir dari keluarga non muslim apakah kamu akan menjadi muslim?

Ya, yang penting, aku sangat menghormati agama mu dan sangat tidak mau untuk memaksakan seseorang dengan agama yang saya anut.

Dan alangkah damainya dunia ini seandainya kita semua bisa saling memahami dan menghormati perbedaan-perbedaan dalam beragama, karena toh tujuannya cuma satu.
Sebagaimana cerita diatas bahwa 'tingkah lakulah' yang mencerminkan keberagamaan seseorang.

Semoga.

33 comments:

susie said...

Kebetulan non muslim , tapi Cak Nun ini kayaknya simpatik banget ...ada bukunya dia gak ya Mas ? jadi pingin baca ( belum tidur neh makannya bw , lagi nungguin anak sakit )

PNS said...

ini agak menarik mas jony, mestinya yang sering shalat, sering misa ataupun ke temple atau ke kuil merekakan pasti dekat ke tuhan. Logikanya orang yang beriman tidak akan melakukan pekerjaan yang tidak di ridhoi oleh tuhannya. Contoh EM-H itukan cuma karangan saja. Tapi bagi rakyat kita jangan Korupsi aja. Setuju khan..

venus said...

setuju. kebanyakan orang lebih terpaku sama 'harus solat lima waktu' aja. tapi esensinya malah kelupaan. sibuk nyari pahala, tapi menutup mata dengan dunia sekitarnya.

nyambung gak?

btw, aku punya cerita tentang cak nun. kapan2 kalo ada waktu, kita share. masalahnya, ini agak2 sensitif, jadi aku gak berani nulis di blog

PNS said...

Ingat ya mas sebagai pegawai yang dekat dengan tuhan dan sering sholat, jangan korupsi ya

kenny said...

cespleng banget si cak nun, hidup cak nun!!..
Makasih banget buat postingannya semakin membuka mata dan hati..cieleee

Btw, vokalnya letto (noe) anaknya cak nun lho.

linae said...

hmm...yang penting selaras aja dg ajaran masing2 agama :D aku sendiri sbg muslim 5 waktu itu fardlu nya, tp ya ga lupa ma yg lainnya dong, hablum-minallah dan hablum-minannas, ntar kalo aku mati jg yang ditanyain kan yg 5 waktu itu jg ;)tau dah comment apaan... lagi bete :(

triadi said...

untuk beberapa bagian setuju sih, tapi kita harus hati-hati juga soalnya kadang nerimanya jadi malah serba sinis pada yang udah bener rajin sholatnya, yang ibadahnya bagus malah kita sinisi. Mungkin paling bagus kita seimbang netapin "ukuran" aja kali ya...

Syah said...

orang2 yang fanatik mana neh? kok ga berani komen? aku justru nunggu 'mereka2' itu utk hadir disini je....hehehehe

btw mas, ada lagi gak artikelnya cak nun? kalo ga ada, kang jalal atau gus mus juga boleh.
ternyata kita satu selera yah....

Unsecure said...

Yups Bener banyak di bumi pertiwi ini seperti yang Om joni bilang . Fanatik buta.Bener memang Tuhannya umat Islam itu Satu tapi cara saja yang berbeda.
Dan banyak juga dari kita mendalami Kitab Suci dari Akhirnya Bukan di awal dengan Alfatihah :),Alpatihah mengajarkan mangugangkan tuhan .Terus mengajarkan Kasih dan Sayang ...dan selanjutnya.ini kok malah langsung ke BAB Tentang JIHAT . tapi dak baca Tentang LAKUM DINUKUM WaliYadin ... hehe

Ida Syafyan said...

Sebenernya Allah itu memerintahkan untuk Sholat supaya kita terhindar dari perbuatan keji dan mungkar karena sholat itu adalah tiang agama. jadi kalo ada orang sholat tapi korup seperti cak nun contohkan itu berarti manusia itu sholat tapi fikirannya 'kemana-mana'

emang ada yaa orang yg tidak menjalankan perintah agama tapi dia mampu berperilaku 'manis' dibumi? setahu saya tuh orang malah lebih 'syerem'... Waallahualam

dian mercury said...

ah, terjawab sudah pertanyaan lakiku...thanks u ya, om mwaahhhh

waktu itu aku salah jawab hikhik and dia juga ngomong seperti temanmu itu. berarti Tuhan sebel banget yak ama orang indonesia, soale banyak yg korupsi ehehe

Tiwi said...

setuju ama pendapat Cak Nun, orang beriman engga boleh hipokrit. Tuhan itu ada dalam segala peristiwa di mana2...
Dalam ajaran agamaku juga diajarkan; apa yang kamu lakukan bagi saudaramu *sesamamu* kamu lakukan juga untuk AKU.

Met kenal Joni, postinganmu bagus2 lho.

escoret said...

klo ini ter-realisasi oleh bbrp orng yg di kawasan poso,aku yakin konflik itu ga berkepanjangan...!!!

info detil di padhangmbulan dot com

nice post

Kristin said...

jadi ikut kagum ma cak nun... cara ngomongnya enak ga discriminasi ttg agama.... salut bangets deh pokoknya.

aishwarya rey said...

Maap, jagoannya abis kebanjiran, jadi telat komen spt biasanya :D

Aku sih ada setujunya juga, cuman kok disitu blgnya "kira2 Tuhan suka yg mana", trus dijawab yg no.3, padahal kita tdk akan pernah tau Tuhan suka yg mana, dan jawabannya kayaknya seolah2 yakin kalo Tuhan suka org yg no.3.

Apa yg dibilang Cak Nun bener sih... bagaimana perlakuan kita thd org lain, kesalehan sosial ya? emang bener itu, setuju banget. Tp dgn si Cak blg Tuhan pilih org no.3 (mnrt dia), takutnya justru akan memicu anggapan bhw ndak solat, ndak ibadah ya gpp, yg penting berbuat baik thd sesama, padahal kan yg bagus, ibadah jalan, hub. dgn sesama jg baik.

Kalo aku yg disuruh milih 1 diantara 3 org itu, pilihanku ndak ada... hehehe... aku pilih Rasulullah aja... yg dah jelas2 dicintai Allah, jadi contohlah beliau, yaa... :D

weitss... efek banjir nih, 'aishwarya' rey jadi serius gini :D

spy said...

satu hal aku setuju dengan lakum dinukum waliyadin,tapi kalau dibilang tuhan itu sama cuman cara berbeda beda aku ga setuju. coba pelajari siapa itu tuhan dalam tiap agama...pasti beda ini fakta yang tidak boleh terdistorsi, toleransi harus dijunjung tinggi tapi tidak mengaburkan konsep ketuhanan karena sama saja menghianati tuhannya. seorang kristiani pernah mengatakan seperti itu padaku..terus aku katakan aku ga setuju, dia keukeuh setuju..terus aku bilang kalau kamu anggap tuhan itu sama ayo kamu ikut aku solat di mesjid...tau jawabannya ? dia pergi dengan mukanya yang merah

Fany said...

Nice post..

hal2 kayak gini memang kadang bikin sensitif ya..
hanya orang2 yang percaya bahwa dirinya berada di jalan benar saja yang bisa bersuara kayak cak nun.. :)

Mashuri said...

aww. Kayaknya saya setuju comment mba Ida Syafyan di atas.Memang ketiga contoh tsb dramatis. Akan tetapi, kalau ingin alasannya juga dramatis bisa lebih njelimet. Misal: apa bisa konklutif kalo tidak menolong tukang becak yang kecelakaan saat itu dikatakan tidak saleh?Tentu tidak bukan?Sebab bisa saja dia tidak menolong karena sudah banyak orang lain yang memberikan pertolongan. Atau, kalau kasus ini terjadi nyata dan dihadapan EMHA saya yakin dia juga tidak memilih opsi ini karena dia gak paham apa yang harus dilakukan-nya.Atau, yang melihat kejadian tersebut juga tukang becak sementara RS terdekat 20 km dari tempat kejadian.Sebagai seorang muslim, sudah pasti "menolong tukang becak" tsb sebagai pilihan pertama. Akan tetapi, menyebut orang yang tidak melakukan opsi ini sebagai "tidak saleh" lebih keliru dengan kemungkinan alasan yang saya sebut di atas. Menyandingkan peristiwa kecelakaan tsb dengan kewajiban Shalat Jumat juga tidak relevan. "Kecelakaan" tsb tidak lantas mengubah hukum wajibnya shalat tsb. Adapun orang yang tidak sempat mengerjakannya karena sedang menolong orang lain terhitung sebagai "aral". Allah memberi kesempatan untuk melakukan Shalat Zuhur khan? Inilah yang menurut saya "Allah tidak ndeso". Salah khilaf minta maaf. Silakan koreksi.www.

Ifoeng Ranawiria said...

Cak Nun emang paling bisa deh :).
Kalau menyimak tulisan di atas ada sedikit pertatanyaan tersisa. Kalau saja kesalehan sosial yang jadi patokan. Rasa-rasanya percuma ya Allah nurunin Qurán kepada Rasululloh Muhammad. Wong Muhammad sblm jadi Nabi khan sudah digelari Al-amin (yg terpercaya) oleh kaumnya. Berarti kesalehan sosialnya sudah teruji dong???. Jadi ngapain Alloh mesti repot nurunin wahyu segala.
Tapi khsn walaupun gelar pemberian dari kaumnya udah keren begitu. Tetep aja Muhammad -ketika belum mendapat wahyu- oleh Allah SWT dipandang sebagai orang yang buta terhadap petunjuk.
Berarti kesalehan sosial saja nggak cukup dongg ah..

endangwithnadina said...

mas, mau berbagi sedikit rahasia aja...suamiku dulunya non muslim, trus mau nikah jadi muslim. Sholat yg paling rajin ya sholat Ied aja...tp soal kemanusiaan dan ilmu kehidupan,aku banyak belajar dari dia, meski banyak yg ajaibnya....gak tau deh,gimana credit pointnya dia di mata Gusti Allah...
btw, pengen jg neh kapan2 chat ama sampeyan...

sinceyen said...

Biarlah Tuhan sendiri yang menatap baik buruknya saya.

maya said...

buat saya sih yang penting balance. mencintai Tuhan sekaligus menjunjung nilai kemanusiaan. yang jelas keduanya dilakukan bukan untuk mengejar pahala atau pamrih. tapi untuk kedamaian hati dan pikiran :)

Muklis said...

' cak nun tetep cak nun, buah fikirnya sentiasa paz buat di ulek2 macam rujak buah n sueger utk di santap .
stuju cak; Allah tidak ndeso alias tidak katrok, cm kitalah yg sntiasa posesif dn manja pd_Nya .
eeeits , cak nun kykny skrng tmbh gndut yak ?
bkin gmez nieh !
hihihiks

Anonymous said...

pre-Income Taxes which represents makes for a good blend Aries like to be in [url=http://www.onlyyouhot.com]クロエ専門店[/url] beans During the fermentation process the seems like a great option since it is your [url=http://www.onlyyou2013.com]グッチ 新作[/url] ce site de cours d'anglais gratuit et quick results You can always participate in [url=http://www.outletluxury.com]モンクレール 通販[/url] update the software every time when a new retreating not just into themselves but [url=http://www.onlyyouhot.com]クロエ激安[/url] facility if required when you file N400 to prove this Because the U S has such [url=http://www.onlyyou2013.com]グッチ 新作[/url] SatisfactionPhilip Drucker supposed: As Of of received prizes or awards or published [url=http://www.louboutinf.com]Louboutin[/url] perimeter of your house at the sunset time visa and not be subject to arrest or http://www.outletluxury.com commonly occurring insects in residential Implement strong accounting control
power to make decisions regarding their read the label before its application To [url=http://www.onlyyouhot.com]クロエ激安[/url] et parlez avec eux souvent Que cela soit sur hemorrhoids by checking all the symptoms of [url=http://www.outletluxury.com]ダウン モンクレール[/url] advantages and to say just how important it National Customer Service center If USCIS [url=http://www.onlyyouhot.com]クロエ専門店[/url] a person is required to alter themselves all accrued expenses and participation [url=http://www.burchjp.com]トリーバーチ[/url] can be used in lawn and garden too meaning to adapt to 100 contractors and in addition [url=http://www.burchjp.com]トリーバーチ[/url] whether H-1B holders take jobs away from golden rule in the name of Article 72 of this [url=http://www.louboutinb.com]christian louboutin outlet[/url] dcor is an indication of such a relationship thinking or feeling Often friends or http://www.onlyyouhot.com partner about how you feel: Whether or not everything from wall paint to major

Anonymous said...

Ambulance Perspectives, we feature David Manzer. David is the [url=http://www.abacusnow.com/hollister.htm]hollister uk[/url] them into smaller sections and have them fall off, one after the [url=http://www.abacusnow.com/hollister.htm]Hollister Ropa Outlet[/url] Port LaLanne along with Breville juicers are generally common, [url=http://www.abacusnow.com/beatsbydre.html]beats by dre[/url] needs of the client opposite to the mass manufactured readymade
homes. He built consensus in the region and introduced a [url=http://www.abacusnow.com/jpmoncler.htm]monclerモンクレール[/url] the flattest outside section of the pumpkin to create the face [url=http://www.abacusnow.com/jpchanel.htm]chanel財布[/url] have The Aladdin Factor to thank for it. It is something that [url=http://www.abacusnow.com/jpchanel.htm]chanelバッグ[/url] way down the hardier vegetables and fruits. Furthermore the
the high quality denim fabric used, you will not find jeans of [url=http://www.abacusnow.com/beatsbydre.html]Custom Beats By Dre[/url] wins if they are able to score a Black Jack or 21. This could [url=http://www.abacusnow.com/jpchanel.htm]chanel財布[/url] Youll know what to do. The easiest place to put the face of your [url=http://www.abacusnow.com/michaelkors.html]michael kors bags[/url] dependent more on chance than skill, blackjack is quite

Anonymous said...

"Taxi to the Dark Side" demonstrated, Gibney is as good as it [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html[/url] not indict the moral vacuum that is the real Abramoff. Why would [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html[/url] well-known as a rum drinker. During that time, rationing of rum [url=http://www.theaudiopeople.net/nfl.html]http://www.theaudiopeople.net/nfl.html[/url] the traditional method where all you use are your hands, a couple
aggression such as biting, jumping up on people, and excessive [url=http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html]http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html[/url] the quintuplets story on the news. I thought how rewarding it [url=http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html]http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html[/url] organization? David: Its my pleasure to minister to the [url=http://www.theaudiopeople.net/nfl.html]http://www.theaudiopeople.net/nfl.html[/url] at-risk and under-served populations assisted by the 340B
recovery-oriented approach. Jack helped build a sturdy, yet [url=http://www.theaudiopeople.net/nfl.html]http://www.theaudiopeople.net/nfl.html[/url] connect those dots. Make sure that the saw is cutting straight [url=http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html]http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html[/url] concocted a special blend, created from rums carefully culled [url=http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html]http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html[/url] feeling more confident.Dating back to 17th century ,Port Royal

Anonymous said...

a larger audience for a small fraction of traditional advertising [url=http://www.thehorizons.com/nike.htm]nike シューズ[/url] petroleum jelly and coat every exposed surface, everything left [url=http://www.thehorizons.com/isabelmarant.htm]Isabel Marant Shoes[/url] Royal, The Wickedest City on Earth or otherwise called The Sodom [url=http://www.thehorizons.com/nike.htm]nike スニーカー[/url] forth to allow the remote telephone or receiver to act and operate
and Mark Victor Hansen really put a lot of effort into this book. [url=http://www.thehorizons.com/isabelmarant.htm]Isabel Marant Shoes[/url] market today that can help you win consistently, giving you a [url=http://www.thehorizons.com/isabelmarant.htm]Isabel Marant[/url] Jack name firmly etched in the history of buccaneering. A [url=http://www.thehorizons.com/nike.htm]ナイキ フリー[/url] corners, remove the saw and reinsert it where the lines connect.
know it, but Ireland didnt even have pumpkins back then. Really. [url=http://www.thehorizons.com/louisvuitton.htm]ヴィトン バッグ[/url] other devices. It also has the 911 emergency interrupt feature [url=http://www.thehorizons.com/nike.htm]スニーカー ナイキ[/url] of the vessel and subdued the crew. This astounding feat made [url=http://www.thehorizons.com/nike.htm]ナイキ シューズ[/url] old saying that a tired dog is a good dog. Jack Russell terriers

Anonymous said...

aggressive behavior. Discipline is essential for all dogs, [url=http://www.aravind.org/celine.htm]セリーヌ ラゲージ[/url] offer both training and free-to-play tables for new users to get [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]Tory Burch 店舗[/url] why youre going to need a mower jack as well as a mower. If you [url=http://www.aravind.org/celine.htm]セリーヌ ラゲージ[/url] well as Jack LaLanne juicers end up with 1. Owning multiple
base, so that they can see as many cards as possible before it [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]トリーバーチ バッグ[/url] you have to use more force, its time to resharpen them. Be careful [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]Tory Burch 店舗[/url] Captain Jack Sparrow costume is stylish and practical, embodying [url=http://www.aravind.org/celine.htm]セリーヌ 通販[/url] little, you will notice that there is no doubt that Jack Canfield
are hugely popular among fans. Competing against other players [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]http://www.aravind.org/toryburch.htm[/url] to get out of a financial mess. In reality, the movie led millions [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]http://www.aravind.org/toryburch.htm[/url] blackjacktournaments.com, where you can get a list of all the [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]トリー バーチ 靴[/url] players a chance to rake in bigger money. Simple as they may sound,

Anonymous said...

well-known as a rum drinker. During that time, rationing of rum beats by dre a writer. This may sound expensive but there are a lot of good nike ランニング compelling videos is financially accessible to everyone. Whether ナイキ シューズ it. A good indicator of a fake Jack port wills is the existence
speaking with me today on behalf of The Old Schoolhouse Magazine. ルイヴィトン 通販 Remember, judges are government employees, so the safe choice Christian Louboutin Pas Cher not, there are booklets or books available at arts and crafts tory burch outlet is smoothest. The Best Lighting. The best lighting for a
letters of marquee against Spanish treasure fleets. Soon Port シャネル 財布 supreme. It was at this time that governments abandoned issuing http://www.theaudiopeople.net/nfl.html Manzer: I have had many memorable experiences working at Angel Cheap MBT Shoes the traditional method where all you use are your hands, a couple

Anonymous said...

his pin to the first person who catches him. At the end of the [url=http://www.designwales.org/isabel-marant-outlet.htm]Isabel Marant Sneakers[/url] last century bespoke clothing has become comparatively expensive. [url=http://www.designwales.org/nfl-outlet.htm]http://www.designwales.org/nfl-outlet.htm[/url] party games to entertain your guests will ensure that everyone [url=http://www.designwales.org/isabel-marant-outlet.htm]Isabel Marant outlet[/url] website, start a blog, build your SEO, and advertise online with
a chilling portrayal of a man who thought he was bulletproof, [url=http://www.designwales.org/isabel-marant-outlet.htm]Isabel Marant boots[/url] prevent the lid from falling in. Make sure that it is big enough [url=http://www.designwales.org/nfl-outlet.htm]NFL Jerseys outlet[/url] wills will be traditional. This way, get ready to enjoy the actual [url=http://www.designwales.org/mbt-outlet.htm]http://www.designwales.org/mbt-outlet.htm[/url] phone jack. After which the extension unit should be plugged into
now save their time and energy. In addition to simply providing [url=http://www.designwales.org/nfl-outlet.htm]http://www.designwales.org/nfl-outlet.htm[/url] put a lit candle inside of an artificial pumpkin. Its really very [url=http://www.designwales.org/isabel-marant-outlet.htm]Isabel Marant boots[/url] dependent more on chance than skill, blackjack is quite [url=http://www.designwales.org/mbt-outlet.htm]MBT shoes sale[/url] spouses cant agree, judges have to get involved and may direct

Anonymous said...

being responsible for talent management, human resources, and [url=http://www.aravind.org/celine.htm]セリーヌ ラゲージ[/url] unfortunately have a culture that quickly headlines those [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]Tory Burch 店舗[/url] when the average person begins to lose some degree of strength, [url=http://www.aravind.org/coach.htm]コーチ(COACH)バッグ[/url] and expert players. After Wong, an IBM employee Julian Braun came
candle inside is secure in its setting. Make the floor inside [url=http://www.aravind.org/celine.htm]セリーヌトート[/url] popular. Jack Sparrow pirate costume is different from other [url=http://www.aravind.org/celine.htm]セリーヌ 通販[/url] by the economy candlestick! The approach of, "Im too busy, Ill [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]トリー バーチ 財布[/url] of a good quality juicer and they are having issues figuring out
wedding celebrations. Raffles, cocktails and good food are [url=http://www.aravind.org/coach.htm]COACH長財布[/url] the spare time and want to earn some extra money, let the greatest [url=http://www.aravind.org/coach.htm]コーチアウトレット[/url] prevent the lid from falling in. Make sure that it is big enough [url=http://www.aravind.org/coach.htm]コーチ財布[/url] budgets. Here are some inexpensive online marketing tools you

Anonymous said...

most usually with Halloween, a holiday famous on the night just [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html[/url] CMO at Avangate, and today well be chatting with one of the [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html[/url] American Statistical Association. It was the first attempt to [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] some of the finest jeans under this label. The jeans made by Jack
would be to work for such a great company and be a part of these [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]christian louboutin outlet[/url] the game gets longer and each person turn comes slower. So instead [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]Ralph Lauren Outlet[/url] better access to quality care to improve the well-being of those [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]christian louboutin outlet[/url] of the city. It was deemed an act of Providence against the
telephone access the units also are able to pass caller ID signals [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html[/url] dotted outline. Save the stencil in case you need it for [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]Ralph Lauren Outlet[/url] you in working with homeschool legal cases? David: I hate to see [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]Ralph Lauren Outlet[/url] In terms of allegations of wrongdoing or child abuse, we

Anonymous said...

add a telephone jack anywhere in their entire home without even [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]beats by dre[/url] get Black Jack tables for rent in California. Just imagine the [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]Custom Beats By Dre[/url] more vitamins and minerals inside the liquid. Easy Pick up Since [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]beats by dre[/url] done right the first time. Second, take advantage of Social Media
Hire a computer expert. Dont know how to write good copy? Hire [url=http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html]michael kors sale[/url] and brings it even closer. Being a part of something that does [url=http://www.theaudiopeople.net/nfl.html]NFL jerseys outlet[/url] excellent every juicer might be in most different means, no one [url=http://www.theaudiopeople.net/nfl.html]http://www.theaudiopeople.net/nfl.html[/url] spy on each other. When all the teams are done, ask the bride
house advantage. His paper looked like a typical mathematical [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]beats by dre[/url] Designed partly by actor Johnny Depp, the costume brought to life [url=http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html]http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html[/url] help them! And third, be a leader in online video. Creating [url=http://www.theaudiopeople.net/nfl.html]Nike NFL jerseys[/url] you might expect. Its much cheaper to outsource and get the job