Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Click to view random flickr photos tagged with my junior and nightview!  

WELCOME to Random Flickr photos tagged with my junior and nightview!
www.flickr.com

www.flickr.com

Monday, April 16, 2007

Sekilas Pendidikan di India

Ini ada beberapa tulisan yang berhubungan dengan pendidikan di India.

1. Bercermin pada mutu pendidikan di India.

2. Meneropong sistem pendidikan di India.

3. Informasi Pendidikan oleh PPI India.

4. Pendidikan Teknologi India Diakui Dunia

5. Pendidikan di IIT India

6. Membangun Lembah Silikon Cara India.

7. Perbandingan sekolah di India dan Indonesia.

8. Mengapa harga buku di India sangat murah?

9. Sejarah pendidikan India.

10. Informasi: Belajar di India dg Biaya Sendiri.

PS: Mudah-mudahan bermanfaat. :)

[Source photo from here.]

30 comments:

venus said...

makasih infonya. pasti berguna buat tmn2 yg lain. :)

'N said...

Andai Indonesia seperti itu yah... kapan kita bisa pintar.. makan aja susah apalagi buat sekoah. hikz.Begitu kompleks masalah di sini. But I Love Indonesia.

NiLA Obsidian said...

Tx infonya on joni.....
*sambil mikir....kapan ya bs dapet beasiswa ke india...* hehe

endangwithnadina said...

thanks, buat gambaran anakku kelak...

Joni Poetra said...

@venus: thanks mbok.. gimana dengan IPDN? setuju, bubarkan.. :D

@n: jangan pesimis 'n, Indonesia negara besar, kalo anak muda-nya komit dengan perubahan, insya'allah Indonesia akan menjadi semakin baik, India dari segi infrastruktur jauh kalah sama Indonesia, tapi kalo dr segi pendidikan dan IT mereka lebih unggul.

I love Indonesia.. too.

@nila obsidian: komennya ngebut ya jeng, salah ketik 'm' terketik 'n'.. haha

@endangwithnadina: yup, mdh2an bermanfaat.

triadi said...

aku penginnya ke seluruh dunia mas joni..entar mampir dulu ya ke india..hehehe

- Nilla - said...

Hmmm... di sana belajarnya pake bahasa apa, Mas? Bahasa Inggrisku aja masih belum lurus... Kalo belajarnya pake bahasa India, wahhh... kudu les dulu ama Sharuk Khan neh! ;P *hmm... bener ga seh tulisannya? :|*

Devi said...

Salut deh buat India ;)

Nieke,, said...

huaaaa... mau duonk dapet bea siswa ke India.. apalagi harga buku di sana sangat murah ya om.. waw, disini aje dosen2 saya suka "ngebantai" dengan wajib buku yg setebel2 bantal! kebayang harganya udah berapa. jd suka photokopi aja deh. heuheuheu xD

btw, sarana dan prasana di sana bagusan mana sama di sini om [baca: Indonesia]? maaf, saya belum sempet buka2 linknya. soalnya jaringan lg lemod abeyzzz.. hiks x(

Joni Poetra said...

@triadi: hehehe.. silahkan aja, liat2 negerinya yg berpenduduk 1.3 milyar lebih.

@nilla: belajarnya pake bhs. inggris krn bhs international, *di india mereka sudah dari sekolah menengah bahasa pengantar di kelas bhs inggris*, jadi salah satu itu yg membuat kita kalah bersaing.

@devi: thanks, dev.. [ini satu lagi anak muda jago bhs inggris.]

@nieke: kalo soal infrastruktur, indonesia lebih bagus, tapi kalo soal mutu mereka menang, mereka tidak peduli dengan penampilan luar, seperti ruangan ber-ac ato gedung2 yg mentereng pake lift.. [seperti kebanyakan gedung kuliah di Indonesia yg membuat mahasiswanya jadi manja.]

disini tempat kuliahnya kebanyakan gedung tua peninggalan kerajaan inggris dan masih pake kapur tulis dan satu lagi yg membuat terkesan, jarang ada dosen ato mahasiswa yg ngajar/kuliah pake mobil mentereng, [jd gak ada yang pamer kekayaan], disini rata2 pake sepeda dan skuter tua, [baik dosen ato mahasiswa, tapi bukan berarti mereka tak mampu beli, mereka bangga dengan kesederhanaan.

aku nulis gini, bukan 'hiperbola' dan melebih2kan India, tapi sangat terkesan dengan prinsip kesederhanaan mereka.

Untuk informasi aja, negara mereka telat dalam hal infrastruktur dikarenakan mereka gak terbiasa dengan gaya hidup 'NGUTANG' dengan negara/badan pendonor, dan nilai mata uang mereka juga lebih kuat dari Jepang.. jadi jangan dibandingin dengan mata uang rupiah.. :((

but, I still love Indonesia.

de said...

mudah2an 10 taun lagi, orang2 India yg nyari sekolah disini :P he..he.

Nieke,, said...

"seperti ruangan ber-ac ato gedung2 yg mentereng pake lift.. [seperti kebanyakan gedung kuliah di Indonesia yg membuat mahasiswanya jadi manja.]" << dalem om, dalem.. [secara saya salah seorang mahasiswi yg kuliah di Indonesia -_-']

tp yg saya maksud itu lebih kepada sarana atau prasana yg berhubungan langsung dgn proses blajar itu sendiri. seperti layanan komputerisasi yg baik utk mahasiswa/i ilmu komputer, jaringan internet yg bagus untuk mahasiswa/i IT, atau penggunaan kalkulator yg sudah merambah barang kali untuk mahasiswa/i ekonomi seperti saya ini..? hehe.. itu mksd saya om.. kalo masalah AC, atau yg lainnya.. itu bisa dinomersekiankanlah,, soalnya sarana pendidikan lain yg jauh lebih penting utk diperhatikan daripada itu masih sangat banyak :)

Joni Poetra said...

@de: mdh2an bisa terjadi seperti itu, Amin.

@nieke: aku jg mahasiswa yg kuliah di Indonesia.. jd aku tahu persis suasananya.

Dosen kita, apalagi yg sdh senior sering mewakilkan kpd asisten untuk mengajar, disini hal sprt itu gk ada, mereka bener2 profesional dan sangat patuh dengan jadwal yg dibuat, kalo pun sangat terpaksa mereka tdk bisa masuk maka akan diganti dengan hari lain, jd gk ada dosen yang cari objekan di luar.

selain itu sekarang di Indonesia, mahasiswanya pada sibuk pamer harta orang tua, kuliah pd bawa mobil semua.. parkiran penuh dengan mobil mahasiswa, bukan 'jealous' tp hal seperti itu tdk bagus dan mendidik terutama buat mahasiswa yg kere.. artikan sendiri ya?

sudah itu mengenai fasilitas IT di kampus, jaringan internet sdh bisa diakses dari kamar asrama mahasiswa masing2 dan gratis, [di sini budaya nge-kos gak ada, jadi mahasiswa pada tinggal di asrama semua] dan khusus kalkulator pertama kali datang kita juga sempat shock dan terkejut, karena mahasiswa dilarang menggunakan kalkulator yg canggih yg bisa menyimpan program dan rumus2, jadi pada saat ujian kita dilarang menggunakan kalkulator sendiri, kalopun ada soal hitungan yg terpaksa menggunakan kalkulator akan dibagi kalkulator milik dept. pada saat ujian, kalkulator biasa/sederhana yg gk bisa menyimpan program dan rumus.

maksud 'mahasiswa manja' bukan ditujukan ke nieke, tapi kepada mereka yang kuliah hanya untuk hura2 dan pamer harta kekayaan ortu.. sorry agak sarkasme.

Nieke,, said...

owh begitu.. salut.. salut.. tp susah juga ya om kalo mahasiswa spt saya ga bisa pake kalkulator, soalnya scientific itu ga bisa diitung dengan otak selemot saya.. hehe.. ya, mungkin utk org2 pinter bisa kali yaa.. makanya saya bilang salut.. ternyata banyak "tantangan" jg ya kalo mau kul di India,, top dah ;)

kalo saya jg sebenernya antara manja dan tidak.. ada kalanya saya manja minta ampun, waktu skolah jg bawa mobil sm skali bukan buat pamer harta ortu. tp karena saya dikasih tgg jwb utk bisa mengantar jemput adek2 misalnya.. itu harapan ortu, karena ortu yg dua2nya karier ga mgkn slalu bs anter jemput, sementara lingkungan kompleks skolah saya tdk memperbolehkan angkutan umum utk masuk ke dalam..[maaf om, ini hanya utk meluruskan saja :)]

overall.. thanks atas infonya om ;)

Luigi said...

Om,

Mudah2an saat nanti jadi menteri pendidikan bisa bener2 mampu dna mau merubah yah demi kemajuan bangsa kita.. kalau nunggu yang sekarang2 sepertinya masih nggak jelas kapan "habis gelap terbit-lah terang-nya"

Bina said...

Yaa... Semoga saja para pemimpin kita ikut membaca artikel ini, dan terketuk hatinya untuk segera membenahi dunia pendidikan Indonesia yang carut marut.
Jangan lagi saling berlomba untuk memperkaya diri saat memegang jabatan.
Aamiin....

pyuriko said...

Kapan yaa Indonesia sprt itu...

Kapan jg yaaa sekolah di India...

mel@ said...

mas... beneran gitu harga bukunya murah...
bisa niiii... bawa oleh-oleh buku cerita dari indiaa... hehehe...
aduhhh... beneran jadi pengen ke sana euy... bener-bener bisa sekolah dengan maksimal... :D

Joni Poetra said...

@luigi: hahaha.. thanks kang atas do'anya jadi mendiknas, tapi pengennya sih jadi Menteri PU aja kang.. :D

@bina: mudah2an, Amin.

@pyuriko: kata budhe mdh2an 10 tahun lagi, situasinya bisa kebalik, orang India yg belajar ke Indonesia, mudah2an.. Amin.

@mela: tumben mela komennya bisa serius, bener mel, harga buku2 disini jauh lebih murah dibanding di Indo karena kertasnya disubsidi sama pemerintah.

bluedee said...

gw pernah baca nih mas artikel ini. Salut bgt kalo harga buku bisa semurah itu. Emang asik bgt buku-buku keren di India murah-murah. Ga kebayang mo beli buku photoshop, CSS, 3dmax bisa murah.

Mantab bgt dah pemerintah disana. Salute for India!

Nice info mas Joni

Mashuri said...

karena jaringan lagi let pelet di sini, (link yang tampilin mas Joni gak bisa dibuka). Jadi, saya hanya bisa menyimpulkan (melihat komen teman-teman di atas) dan secara indera ke-6 bahwa pendidikan India memang "lebih" di bandingkan Endonesia....

Krisna Muslim said...

Dengan melihat sarana dan prasarana Indonesia seperti ini, SEHARUSNYA kita bisa dengan cepat menyesuaikan dengan India dalam hal pendidikan dan IT. Tapi itu semua memerlukan KEMAUAN dan TEKAD yang tinggi. Nah dua hal terakhir ini yang sulit.... Tapi, seperti mas Joni bilang kita gak boleh pesimis.. Maju terus Indonesiaku.

Joni Poetra said...

@bluedee: thanks bluedee.

@mashuri: wah yang punya indera ke-6.. bagi2 dong ilmunya. :D

@krisna muslim: betul mbak krisna, sebab gak ada yg tidak bisa, semuanya pasti bisa asal dilakukan dengan 'serius' dan jadi komitmen bersama, mudah2an.. Amin.

mpokb said...

buku pegangan waktu kuliah juga banyak karangan orang india. memang bangsa yg besar dan menghargai ilmu..

lita uditomo said...

makasih buat link-link nya ya, mas...

kesederhanaan india mmg bikin kagum..

pengennya sih ngga usah cari pendidikan sampai ke india, mudah2an ngga mimpi ya..:(

lin said...

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,性愛,色情,080苗栗人聊天室,免費a片,視訊美女

ferry lazzuardo said...

nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
keep update! Mobil Amerika

ferry lazzuardo said...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Teknologi Mobil

ferry lazzuardo said...

terima kasih atas informasinya..
semoga bermanfaat bagi kita semua warna Mobil

sukses selalu

harga toyota corolla 2014 said...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Toyota Corolla 2014