Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Click to view random flickr photos tagged with my junior and nightview!  

WELCOME to Random Flickr photos tagged with my junior and nightview!
www.flickr.com

www.flickr.com

Wednesday, December 06, 2006

Jangan dikira hidup di LN itu enak…

Foto sehabis sholat Eid-ul Zuha 2006 di depan Hostel KIH

Sengaja ku tulis judul seperti diatas, karena sebagian besar orang menganggap dan mengira hidup di LN itu enak, padahal gak seperti yg dibayangkan orang2??
Mungkin ada beberapa temen2 yang pernah menjadi ‘foreigner’, baik itu sebagai mahasiswa/pelajar, pekerja atau mereka yang menikah dengan expatriate pasti pernah punya pengalaman yang sama.

Ya memang gak semuanya setuju sama aku, sah-sah saja kok kalo ada yang bilang:
itu kan pendapat kamu jangan disamain semua dong!
Tapi yang pasti menurut aku, sebagian besar pasti pernah merasakan yang namanya ‘home-sick’ alias rindu yang namanya indo(nesia) atau bahkan yg berbau indo.

misal kalo nonton tivi itu mencari-cari berita2 indo or maen internet jg pasti mencari berita2 kampung halaman,
bagi kawan2 perokok kalo denger ada yg bawa rokok ‘dji-sam-soe’ or ‘a-mild’ pasti diuber sampe ketemu dan diminta rokoknya,
atau ada warung yang jual rokok indo walaupun harganya 3-4 x lipat dr harga lokal, masih tetap dibeli jg (he..he..he)
tp ngerokoknya irit cuma tuk habis makan aja katanya...(saking sayangnya)

yang pasti dari segi makanan dan cuaca.

‘makanan’
susah banget yg namanya mencari makanan indo(nesia), terutama di roorkee, gk ada sama sekali, jadi kalo pengen yang namanya soto, rawon, opor, gulai de el el itu harus masak sendiri n bumbunya bawa dari indo.
tapi untungnya pas 17 agustusan kita masih dapat mencoba masakan indo ‘gratis’,
kita rame2 nyerbu embassy: -bakso-satepadang-satemadura-ketupat-lontong- yang semuanya khas indonesia ada semua, ya lumayan la setahun sekali :)

‘cuaca‘
juga menyulitkan kita di roorkee, karena suhu di roorkee ini sangat ekstrim, kalo pas summer suhunya bisa mencapai 46-48 drjt celcius dan anehnya pas winter bisa turun drastis sampe 2-3 drjt celcius,
jadi kalo musim panas, sebelum tidur seprei dan bantal kita percikin air sampe basah-lembab, malah ada temen yg spreinya direndam dulu kemudian diperes n dipasang lg ditempat tidur baru bisa tidur...(gak ada ac hostelnya)

dan pas musim dingin kebalikannya: yang namanya lantai, meja, kursi, buku, komputer semuanya ikut2an dingin hi..hi..hi sampe bibir pecah dan ganti kulit alias mengelupas, jadi alien hiiiiiiiii....

puncaknya musim panas itu sekitar bulan mei-juni dan untuk musim dingin itu sekitar bulan desember-januari...(pas lg nulis ini suhu dikamar saya sdh mencapai 14 drjt celcius)



udah malem, udah jam 1, ngantuk...
lanjutannya nanti ya :)

20 comments:

yodee said...

very true! :) salam kenal

ivo said...

Hmm, Mas Joni, tapi saya pengen banget loh ngerasain tinggal di LN untuk sementara waktu. Pengennya sih merasakan kerja di LN. Walau saya tau dari beberapa temen bloger Indo yg jadi Expat di LN bermasalah dengan homesick-nya itu. Rindu keluarga dan kampung halaman yg paling utama. Tapi saya bener2 pingin merasakan bagaimana tinggal di LN(blom pernah ke LN) pastinya dengan menyadari konsekwensinya. Boleh ikut ke Roorke? Gimana ya caranya kerja ke LN? hehe...

ratnaningsih said...

selain gak enak ada enaknya juga kan.

kalo orang jawa bilang wang sinawang.rumput tetangga kelihatan lebih hijau dari rumpun sendiri jadi bersukur aja kita ada dimana.

Krisna Muslim said...

Bener kata mbak retna, kalo kita liat orang laen kok enak sih...sementara juga orang laen liat kita kok juga enak sih.. bingung kan. Ya nggak lah, artinya bagaimanapun keadaan kita ya nikmatilah.

NiLA Obsidian said...

hai om putra.....

emang rumput tetangga suka lebih ijo....

kalo yg belum pernah ngrasain ya pasti pengen bgt nyoba....
yg pasti ambil hikmahnya aja kali...ga semua org dpt kesempatan....yg bisa dijadiin proses pendewasaan lahir bathin.....

sing tabah ya om putra....kalo kangen ma indo......kan ada internet hehe...

salam kenal.....salam dari ghani n aurel

afin yuliani said...

wah kok tinggal di LN, coba tinggal di bali seminggu aja, kalo gak kelimpungan mau tahu deh (soalnya dah pernah), meski suara adzan masih terdengar, masjid juga ada tapi gak sebanyak di rumah, wah jadi repot terutama pas puasa...euhh...

pepeng said...

wah,kpn aku bisa ke LN..????

borneo said...

Waaah...pic-nya keren, oi...
Ntar kapan² aku susul ke luar negerinya. :)
Salam kenal aja dari aku...

joni said...

@yodee:salam kenal jg.
@ivo:ya siap konsekwensinya :) boleh, aku study di roorkee.
@ratnaningsih:betul mbak, enaknya nambah temen, pengalaman, wawasan
@krisnamuslim:mksh mbak
@nila obsidian:mksh mbak,slm kenal jg dr atthallah :)
@afin yuliani:sama, krn di india islam jg minority (mayoritas hindu lbh dr 70%), kl lg jln2 ssh cari mesjid
@pepeng:gk enak ke ln tu peng??? :)
@borneo:makasih, salam kenal jg

Ram Pal Shing said...

Bener Bung Joni, di Roorkee emang ga enak, kamar kita kan tetanggaan di Roorkee, jadi sama-sama tahu nggak enaknya:)

kenny said...

bener jg, biar hidup enak di negri orang (sawang sinawang ding..)negeri sendiri pasti tetep bikin kangen. Salam kenal juga...dari penang, negri jiran

Wina said...

Aku malah pengen banged Mas ngerasain kerja diluar negeri, tp stlh sering baca komen temen2 blogger, skrg dah ga pengen2 bgt, secara aku kan penggemar berat bakso, ntar kalo ga kuat nahannya bagaimana? jadi inget 'arus bawah' ntar.. hehehehehehe

salam kenal juga yah Mas, ga nyangka nama anak kita sama, panggilannya apa??

mei said...

hmm LN ya, aku dulu pernah banget pgn ikutan progran nurse gawe d LN, ada beberapa teman yang akhirnya beneran gawe d sana..

me??hehe..udahlah di sini saja, gak jauh sama simbok sama simbah.

salam kenal mas dari jakarta sajalah..=)

elly.s said...

halo wong plembang...ketemu disini lagi ya....
jadi ceritanya lagi Home sick nih...
yok pulang rame2...
Btw emang bener....
Hidup diLN emang kadang sedih banget...
palagi kalo lg demem kayak kemaren...
inget bubur ayam buatan emaaaaak!

Chaube, U.C. Prof. said...

Siapa bilang hidup di LN nggak enak, nah saya nyatanya dari lahir udah di luar negeri..(ya, emang saya asli orang India sih....)India kan luar negeri bagi kalian.
Sory, numpang nimbrung...he..he

miund said...

ga usah di luar negri... 4 tahun di bandung yang nyari KETOPRAK aja susah banget saya tersiksa.

hhh... untung udah gak kuliah...

joni said...

@ram pal shing & u.c. chaube: satu guru satu ilmu jangan saling ganggu... :)
@kenny: hiks bener mbak, btw salam kenal juga dari roorkee
@wina: whakakak..urusan 'arus bawah' emang repot kalo sdg jauh, kmrn pernah 'mimpi' sama anggun c. sasmi :), btw panggilan my little boss talah
@mei: salam kenal juga
@elly.s: halo juga emak, rupanya emak ada dimana-mana :)
@miund: jangankan ketoprak, nasi uduk juga disini susah banget..idem saya juga tersiksa :)

Fely said...

oh, ya, mas? pahadal justru fely pengen ngrasain hawa luar negri. yah minimal menginjakkan kaki, deh. kan asik, mas? jalan2? tapi kalo move yoh,jangan, lah. Di hatiku, Indonesia raya masih berkumandang, kok. hehehe

joni said...

ooo ada hawa ya diluar negeri :D...
memang kalo belom pernah wuihh pengen banget!!! biasa itu :)
samaaa di hatiku juga masih berkibar Indonesia ku...(baca: terharu)

mina said...

emang rasa rokok indo sama rokok luar beda ya mas?